Profil

PENDAHULUAN
Alhamdulillah, segala Puji hanyalah milik Allah semata, semoga Shalawat dan Salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah-shallallaahu ‘alaihi wa sallam-, kelurga dan para sahabat, serta orang–orang yang setia mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.
Seiring dengan perjalanan waktu, tidak terasa bahwa Yayasan Dar El Iman telah berumur 5 tahun. Mulai dari saat berdirinya yayasan hingga saat ini tentu telah banyak berbuat walaupun masih dijumpai disana sini berbagai kekurangan dan kelemahan. Hal ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kelemahan SDM yang ada di Dar el Iman. Namun hal itu tentu tidak menyurutkan semangat setiap individu yang berkecimpung di medan da’wah melalui media yayasan Dar El Iman. Secara suka rela dan tampa pamrih para ikhwan telah berkiprah dalam rangka memajukan Yayasan Dar El Iman sebagai sarana da’wah ilallaah. Berbagai halangan dan rintangan telah dilalui, pahit manisnya berjuang telah dirasakan.
Tibalah saatnya pengurus Yayasan Dar El Iman untuk menyusun laporan pertanggung jawaban selama masa kerja 5 tahun (2006-2011). Dengan memohon Taufiq dan Inayah Allah Ta’ala, maka dibuatlah laporan ini, mudah-mudahan menjadi cambuk untuk lebih maju dan berkembang di masa-masa yang akan datang.
B. SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN DAR EL IMAN
Da’wah salaf mulai menyebar di seluruh pelosok nusantara, yang disebarkan oleh para da’I yang telah menpelajari dan memahami da’wah salaf dengan baik, di antara mereka adalah lulusan Universitas Islam Madinah, Riyadh dan Negara-negara lain di Negara-negara teluk dan LIPIA Jakarta. Tidak terkecuali para da’I yang rutin mengikuti kajian-kajian salaf di Jakarta dan sekitarnya bersama beberapa orang Ustadz Salaf, seperti Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawwaz, dll.
Alhamdulillah, setelah kembalinya beberapa orang da’i/ustadz ke kota Padang, maka terbentuklah majlis ta’lim dan diberi nama Majlis Ta’lim Ibnu Taimiyah. Melalui wadah inilah kajian salaf mulai tersebar di kota Padang. Atas usul dan inisiatif tiga orang da’I supaya membuat badan hukum, maka direncanakanlah berdirinya satu badan hukunm yayasan dengan asumsi supaya kegiatan-kegiatan kedepan terpayungi oleh peraturan yang berlaku di Indonesia. Maka lahirlah YAYASAN DAR EL IMAN di hadapan notaries Dra. BUTET, SH dengan Akta No 1 (satu) tgl 01 Mei 2006. Dan setelah memenuhi persyaratan, dan Yayasan Dar El Iman pun telah mendapatkan legitimasi dari Negara yaitu dengan keluarnya SK Menteri Hukum & dan HAM No.C-1231.HT.0102.TH2006.
Untuk pertama kali Yayasan Dar El Iman berkedudukan di jl. Rasak no 28 Lolong Ulak Karang Padang Utara, Padang 25136. Pada bulan juni 2007 kantor yayasan pindak ke komplek PGAI Padang, dan pada bulan Oktober tahun 2009 Yayasan pindah kantor ke Jl.Sawahan Dalam V no. 3. Hingga saat laporan pertanggung jawaban ini di tulis, yayasan masih berkedudukan di alamat tersebut dia atas.

C.VISI & MISI YAYASAN DAR EL IMAN

Visi: “Memahami agama berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman para Shahabat, Taabi’iin, taabi’ taabi’iin dan serta imam-imam dan ulama yang mengikuti langkah mereka”.

Misi: * Kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shohih dengan pemahaman salafussholeh
•Tashfiyah (memurnikan ajaran Islam) dari segala bentuk kesyirikan, bid’ah, khurafat dan gerakan-gerakan serta pemikiran-pemikiran yang merusak ajaran Islam.
•Tarbiyah (mendidik) kaum muslimin berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman As-Salaf Ashsholeh.
•Mengajak kaum muslimin untuk hidup Islami dengan manhaj Ahlussunnah wal Jamaah.

D. STRUKTUR YAYASAN DAR EL IMAN
A.PEMBINA
1.DR.Ali Musri Semjan Putra,MA
2.H.Faisal
3.Gusfi Novian

B.PENGAWAS
1.Ir. Herman Rasyid
2.Ir. Zafrullah Ali Barca
3.Abdul Qadir
4.Defrinal
5.Akhyardi

C.PENGURUS HARIAN
– Ketua Umum : Muhammad Elvi Syam, Lc, MA
– Ketua Harian : Zul Asri Rusli
– Sekretaris : Faisal Abdurrahman, Lc
– Bendahara : Dafrizal

Divisi Da’wah
Ketua : Taufiq Zulfahmi, MA
Anggota : Prima Saputra
Hendri Salmi
Masrur
Robi Kadir
Rafli Darman
Firman Ahmadi

Divisi Pendidikan
Ketua : Al Sofwan
Anggota : Nursal
Dalmi, S.Pd.I
Hendra Mukhtar
Martias

Divisi Sosial
Ketua : Hafiz Sastri Anta
Anggota : Mahyuddin
Rudi Hartono, SH.I

Divisi Keakhwatan
Ketua : Irma Nurhayati, S.Kom

Divisi Pembangunan
Ketua : Ir. Bahrun Rusdi
Anggota : Ir. Zafrullah Ali Barca
Edi Warman A.Md
Masrizal, SH.MM

Divisi Dana & Usaha
Ketua : Wegi Fatriadi
Anggota : Irdam
H.Irzal Mudasir
Drs. Amril Tanjung
Waga
Busri
Septris
Hendri Nur
Sudirman
Maifidra
Harry Fajri Zamzibar,ST
H. Sofwan
dr.H.Masrul Syafri,Sp.PD,Sp.JP

Divisi Media
Ketua : Benny Maha Putra
Anggota Niko
Irsyad
Romi Elfasegas
Tedi Rafdianto
Fauzi Akmal,S.IQ, S.Th.I

Divisi Umum & Inventaris
Ketua : Novi Effendi
Anggota Sulaiman Nasution
Jamaris

E. KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN
Divisi Pendidikan
Kegiatan yayasan dalam bidang pendidikan terialisasi dengan pendidikan formal dan non formal. Dalam pendidikan formal yayasan telah mendirikan sekolah tingkat pra sekolah dan sekolah dasar. Adapun pendidikan non formal yayasan bergerak dalam pengembangan kursus bahasa arab dan pelatihan da’i.
Sebelum berdirinya yayasan, ma’had dar el iman sudah berdiri dengan kegiatan kursus bahasa arab dan tahsin alquran, setelah yayasan berdiri, maka ma’had dar el iman dimasukkan dalam sentralisasi yayasan. Sehingga yayasan melanjutkan program bahasa arab, dan pelatihan lain.
Pada bulan juni tahun 2008, yayasan mendirikan sekolah Taman Kanak-kanak Islam Terpadu dan Play Group Islam terpadu.
Target yang ingin dicapai dari TKIT PGIT ini adalah:
– Mampu membaca Al-Qur’an dengan metode iqra’
– Mampu menbaca latin dengan lancar melalui metode AISM (Anak Islam Suka membaca)
– Menguasai matematika dasar untuk memasuki Sekolah Dasar
– Menguasai dua bahasa praktis; Bahasa Arab dan Bahasa Inggeris
– Menguasai dan hafal minimal 20 surat-surat pendek
– Menguasai dan hafal minimal 40 do’a harian
– Mampu melaksanakan sholat sesuai sunnah yang shahih

TKIT dan Play Group pada tahun ajaran 2008/2009 telah menghasilkan 10 orang lulusan dengan 80% pencapaian sesuai rencana. Pada tahun ajaran 2009/2010 TKIT dan Play Group telah menerima 15 orang murid.
Pada bulan Juli 2009 pun telah dibuka Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan system full day sebagai kelanjutan dari TKIT. Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Dar El Iman mengkombinasikan antara kurikulum umum dengan kurikulum agama, dengan program unggulan Tahfiizul Qur’an, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Murid yang diterima hanya 8 orang, kemudian pada semester genap diterima seorang murid pindahan sehingga jumlah murid kelas satu pada saat itu Sembilan orang.
Pada tahun ajaran 2010/2011 SDIT Dar El Iman telah sampai ketingkat kelas tiga dengan total murid 34 orang dan TKIT dengan jumlah murid sebanyak 32 orang.

Tabel : 1
Jumlah Murid PG dan TK Islam terpadu darel iman
no Tahun Ajaran TK Play Group
1 2008/2009 11 2
2 2009/2010 15 7
3 2010/2011 25 –

Tabel 2
Jumlah Murid SD Islam terpadu darel iman
No Tahun ajaran Kelas satu Kelas dua Kelas tiga Kelas empat Kelas lima jumlah
1 2009/2010 9 – – – – 9
2 2010/2011 14 15 5 – – 34

Ma’had Dar El Iman lembaga bahasa arab dan kajian islam, sudah menjalankan programnya berkali-kali. Kursus bahasa arab dilaksanakan dengan system tingkatan; tingkatan pertama dan tingkatan lanjutan. Setiap tingkatan menempuh masa pendidikan 4 bulan. Setiap tahun dilakukan 2 kali program. Semenjak yayasan didirikan program ini sudah berjalan 10 kali. Dan rata-rata pesertanya 20 orang untuk kedua tingkatan. Maka total jumlah peserta untuk 10 angkatan kurang lebih 200 orang peserta.
Ma’had juga mengadakan kerjasama dengan BNI syariah untuk menjalankan program bahasa arab, yang diikuti oleh 22 orang pegawai, termasuk pimpinan cabang.
Pada bulan April 2011 telah dibuka Program Ta’hiil Addu’aat (persiapan da’i) dengan total peserta sebanyak 10 orang, keseluruhan peserta tidak dipungut biaya, artinya yayasan berusaha mencari donatur untuk membiayai kelancaran program ini, yaitu untuk honor tenaga pangajar.
Yayasan juga mengayomi kegiatan hafalan al-Quran dan matan-matan yang lain yang disusuan dan dilaksanakan oleh saudara ahmad eid dengan jumlah murid 20 orang yang datang dari berbagai daerah; Sulawesi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta dan juga dari local.
Divisi Sosial
Pada tahun 2007 Yaysan Dar El Iman ikut serta dalam menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Lunang Silaut kab. Pesisir Selatan bekerjasama dengan Yayasan Annadwah Pekanbaru. Bantuan yang disalurkan adalah uang tunai, kain sarung dan tenda.

Pada tahun 2009 tepatnya setelah gempa dahsyat pada tanggal 30 september 2009, Yayasan Dar El Iman telah membuka posko dengan nama POSKO DAR EL IMAN PEDULI GEMPA dan Alhamdulillah telah berhasil mengumpulkan dana dari kaum muslimin sebesar Rp 1,7 Milyar. Dan telah disalurkan untuk tanggap darurat seperti pembagian sembako, tenda selimut dan rumah sederhana.

Divisi Media
Untuk mendukung perjalanan kegiatan dakwah Yayasan Dar el Iman, maka divisi media melaksanakan penerbitan bulletin. bulletin ini bernama bulletin Dar el Iman. Yang sebelumnya bernama bulletin istiqomah. buletin dibagikan pada setiap hari jum’at pada setiap minggunya disetiap masjid yang ada di kota Padang yang mau memberikan izin penyebarannya.
Penyebarannya dalam seminggu baru dapat dilasaksanakan sebanyak 5 rim kertas. Keuangan penerbitannya baru mengandalkan keuangan infak yang didapat setiap minggunya. Jika keuangan infak belum mencukupi, maka dana penerbitannya di subsidi dari keuangan dakwah. Untuk diketahui bahwa keuangan yang dibutuhkan divisi media dalam penerbitan bulletin untuk satu bulan adalah lebih kurang 1 juta rupiah. Yang terdiri dari: pembelian kertas 5 kardus @Rp. 125.000 = Rp.625.000. biaya cetak 5 kardus Rp. 250.000 dan biaya edit dan cetak plat Rp. 125.000,-.
Mengingat peluang dakwah melalui VCD. Maka divisi media juga berkeinginan untuk melakukan percetakan vcd/mp3 kajian yang dilaksanakan, baik melalui tabligh akbar, maupun melalui kajian minggduan yang dilaksanakan. Maka untuk melaksanakan niat ini divisi media telah membeli seperangkat computer yang lengkap untuk melakukan proses pengeditan dan percetakan. Namun belum dapat berjalan dengan baik, dikarenakan kekurangan SDM yang berkopeten dalam bidang ini.

Divisi dana dan Usaha
Dalam memenuhi keuangan yayasan, maka divisi dana dan usaha telah menjalankan kegiatan yang dapat mendatangkan pemasukan. Diantara kegiatan yang telah dilakukan adalah pengumpulan donator bulanan. Donator ini baru dilaksanakan dengan melakukan pendekatan kepada para ikhwan yang ikut pengajian. Dilihat dari hasil yang diperoleh, insyaallah baru sebatas bisa membayar rekening air, listrik, dan telpon. Dan ini untuk masa yang akan datang akanr bulan dicoba menjalankan kearah yang lebih baik lagi

Divisi Pembangunan
Keinginan yayasan dar el iman untuk memiliki sebuah komplek Islamic center telah muncul sejak berdirinya yayasan ini. Namun keinginan tersebut mengalami banyak hambatan dan rintangan. Diantaranya sulitnya mendapatkan tanah yang jelas dan terkendala akan pendanaan.

Dalam perjalannya Alhamdulillah, berkat karunia dari Allah dan bantuan kaum muslimin. Yayasan dar el iman telah dapat melakukan pembelian tanah yang berlokasi di siteba. Di samping akper Mercu. Kec. Nanggalo, padang. Tanah itu seluas 2870 m2 dengan harga Rp. 574.000.000,-.


Untuk terwujudnya pelunasan lahan tersebut, cukup banyak para donator yang menyumbang, baik yang dari daerah maupun dari para perantau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: